Cara Membuat Template Blog Menjadi SEO Friendly

Home , at 07.21
Mempunyai Situs Blog yang SEO Friendly tentunya menjadi impian bagi seluruh blogger terutamanya adalah saya sendiri. Meskipun banyak sekali penyedia-penyedia template blog yang SEO Friendly di dunia maya akan tetapi jika tidak sesuai dengan selera juragan, ya percuma saja. Untuk mengatasi masalah tersebut saya akan memberi sedikit solusi agar template blog juragan menjadi SEO Friendly. Meng-edit atau merubah template tentunya mempunyai tahapan-tahapan yang tidak begitu sulit yang bisa dibilang susah susah gampang tergantung keseriusan juragan.


Cara Membuat Template Blog Menjadi SEO Friendly - JuraganKumis


Disini saya akan memberikan panduan atau intruksi sesingkat mungkin atau serinci mungkin agar juragan mudah untuk mengerti. Karena untuk meng-edit atau merubah template blog tidak begitu sulit maka juragan bisa langsung saja mulai merubah template juragan dengan tahapan-tahapan sebagai berikut :


Cara Merubah Template Blog Menjadi SEO Friendly



1. Memasang Setelan Dynamic Heading

Pada umumnya template biasa belum dilengkapi dengan dynamic heading atau bisa dibilang masih standart. Juragan harus merubahnya, agar artikel-artikel juragan dapat dengan mudah dikenali mesin pencari. Pada dasarnya ini adalah merubah tag heading juragan sesuai dengan rekomendasi dari google, ini bertujuan agar template menjadi lebih SEO dan tentunya artikel-artikel juragan akan mudah dikenali oleh search engine/mesin pencari.


Mengatur Header Halaman


Untuk mengatur header halaman juragan bisa mengikuti langkah-langkah nya sebagi berikut.

1. Buka Dashbord Blog juragan.

2. Pilih menu Template dan pilih edit HTML.

3. Cari Kode   <b:include name='title'/>   . Biasanya kode tersebut ada lebih dari satu dalam sebuah template dan biasanya ada 2 sampai 3 kode seperti ini. Disarankan untuk memulai dari kode yang paling bawah.

4. Ganti kode   <b:include name='title'/>    tersebut dengan kode dibawah ini.


<b:if cond='data:blog.pageType!=&quot;item&quot;'>
<b:include name='title'/>
<b:else/>
<data:blog.pageName/>
</b:if>

5. Simpan Template dan lihat perubahannya. Lihat apakah judul halaman artikel juragan sama dengan judul artikel yang sedang juragan buka. Jika belum ada perubahan silahkan juragan ganti kode tersebut dengan kode awal dan ulangi langkah-langkah nya dengan benar.


Mengatur Judul Artikel


Pada umumnya template menggunakan H3 untuk judul postingan. Berdasarkan rekomendasi daripada Google adalah dengan menggunakan H2 sehingga menjadi judul yang SEO.
Adapun langkah-langkah merubah H3 menjadi H2 sebagai berikut :


(*) Cari semua kode  <h3 class='post  dan ubah menjadi  <h2 class='post

(*) Dan ubah juga end tag   </h3>   menjadi   </h2>

(*) Simpan template


2. Edit Title Tag dan Meta Descriptions


Tile Tag dan Meta Descriptions merupakan salah satu trik SEO yang sering atau bisa dibilang banyak digunakan setiap blogger seperti saya sendiri. Oleh sebab itu, sebuah atau setiap artikel harus atau dianjurkan agar memiliki title tag, heading tag dan meta descriptions yang berbeda pada setiap artikel. Semua itu bertujuan untuk mempermudah search engine dalam mencari dan menemukan artikel juragan. Pada umumnya semua template sudah dilengkapi atau sudah terpasang title tag, akan tetapi title tag tersebut bisa dibilang kurang SEO sehingga juragan harus merubah atau meng-edit title tag dan meta descriptions sesuai standart SEO. Banyak sekali perbedaan Master SEO dengan seorang pemula seperti saya ini dalam menjelaskan atau penerapan dalam kasus seperti ini. Berikut ini adalah tutorial atau panduan meng-edit title tag dan meta descriptions berdasarkan uji coba ala JuraganKumis.

Title Tag


Pastikan Title Tag juragan seperti kode dibawah ini

<title>
<b:if cond='data:blog.homepageUrl == data:blog.url'>
<data:blog.title/>
<b:else/>
<data:blog.pageName/>
</b:if>
</title>

Untuk mengetahui apakah title tag juragan sudah seperti diatas atau belum, juragan bisa mengikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.


(*) Buka Dashbord Blogger juragan.

(*) Buka menu Template dan pilih Edit HTML.

(*) Cari kode  <title>

(*) Cek kode diantara   <title>   sampai    </title>

(*) Jika diantara kode   <title>   sampai    </title>  sudah sama dengan kode diatas berarti juragan tidak perlu merubahnya.

(*) Jika diantara kode   <title>   sampai    </title>   tidak sama dengan kode diatas berarti yang harus juragan lakukan adalah menghapus semua kode diantara kode  <title>   sampai    </title>   dan ganti dengan kode diatas.

(*) Simpan Template.


Meta Descriptions


Untuk memasang meta description pada setiap artikel, juragan bisa mengikuti langkahnya sebagi berikut.


(*) Masuk Dashbor Blogger.

(*) Buka menu Setelan dan pilih Preferensi Penulusuran.

(*) Aktifkan pilihan TAG Meta Descriptions.

(*) Masukkan deskripsi atau gambaran singkat tentang blog juragan.

(*) Simpan Template.

Untuk memaksimalkannya, pada saat juragan membuat artikel lihat pada layar sebelah kanan pasti ada menu Deskripsi Penelusuran atau Search Description. Setelah juragan selesai menulis artikel, membuat label dan menentukan permalink, jangan lupa untuk mengisi deskripsi penelusuran setelah itu klik Selesai. Dan artikel juragan siap untuk di publikasikan.


3. Memasang Breadcrumbs


Sebenarnya ini adalah trik lama dalam hal SEO tapi sampai sekarang trik ini masih dipakai oleh sebagian besar pengguna blogger. Trik ini bertujuan untuk memberikan navigasi atau petunjuk untuk blog kita. Dan pada akhirnya sampai sekarangpun trik Breadcrumbs ini masih sangat populer dan hampir setiap blog dan website yang memakai trik ini. Pada umumnya template dari penyedia-penyedia gratis belum terpasang atau belum dilengkapi breadcrumbs, sehingga juragan harus memasangnya.
Untuk yang berminat memasang trik ini bisa mengikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.


Cara Memasang Breadcrumbs


(*) Masuk Dashbord Blogger

(*) Buka menu Setelan Template dan pilih Edit HTML.

(*) Cari kode   ]]></b:skin

(*) Letakkan kode dibawah ini tepat diatas kode  ]]></b:skin

.breadcrumbs
{padding:5px 5px 5px 0px;
margin: 0px 0px 15px 0px;
font-size:90%
line-height: 1.4em;
border-bottom:3px double
#eee;}

(*) Lalu cari kode    <b:includable id=' main' var='top'>    lalu ganti dengan kode dibawah ini

<b:includable id='breadcrumb' var='posts'><b:if cond='data:blog.homepageUrl != data:blog.url'><b:if cond='data:blog.pageType== &quot;static_page&quot;'><div class='breadcrumbs'><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl' rel='tag'>Home</a></span> &#187; <span><data:blog.pageName/></span></div><b:else/><b:if cond='data:blog.pageType== &quot;item&quot;'><!-- breadcrumb for the post page --><b:loop values='data:posts' var='post'><b:if cond='data:post.labels'><div class='breadcrumbs' xmlns:v='http://rdf.data-vocabulary.org/#'><span typeof='v:Breadcrumb'><aexpr:href='data:blog.homepageUrl' property='v:title' rel='v:url'>Home</a></span><b:loop values='data:post.labels' var='label'>&#187; <span typeof='v:Breadcrumb'><aexpr:href='data:label.url' property='v:title' rel='v:url'><data:label.name/></a></span></b:loop>&#187; <span><data:post.title/></span></div><b:else/><div class='breadcrumbs'><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl' rel='tag'>Home</a></span> &#187; <span>Unlabelled</span>&#187; <span><data:post.title/></span></div></b:if></b:loop><b:else/><b:if cond='data:blog.pageType== &quot;archive&quot;'><!-- breadcrumb for the label archive page and search pages.. --><div class='breadcrumbs'><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl'>Home</a></span> &#187; <span>Archives for <data:blog.pageName/></span></div><b:else/><b:if cond='data:blog.pageType== &quot;index&quot;'><div class='breadcrumbs'><b:if cond='data:blog.pageName == &quot;&quot;'><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl'>Home</a></span> &#187; <span>Allposts</span><b:else/><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl'>Home</a></span> &#187; <span>Posts filed under <data:blog.pageName/></span></b:if></div></b:if></b:if></b:if></b:if></b:if></b:includable><b:includable id='main' var='top'><b:include data='posts' name='breadcrumb'/>


(*) Simpan Template dan lihat perubahannya pada blog juragan.


4. Memasang Related Post / Artikel Terkait


Memasang Related Post / Artikel Terkait bertujuan untuk mempermudah pengunjung blog juragan menemukan topik yang berkaitan dengan artikel yang dibaca oleh pengunjung saat itu. Pada umumnya pengunjung akan mencari artikel atau hal-hal yang berkaitan dengan tema artikel yang dibaca sehingga hal tersebut membuat para pengunjung tertarik untuk membaca artikel-artikel juragan yang lain. Untuk pemasangannya sendiri juragan bisa menanyakan kepada Mbah Google, Insyaallah Mbah Google siap menjawab pertanyaan juragan :-).

Setelah ke-empat cara diatas sudah juragan laksanakan atau sudah juragan terapkan pada template blog juragan, insyaallah template blog juragan menjadi lebih SEO Friendly. Jika juragan ingin hasil yang lebih maksimal maka saran saya, buatlah ARTIKEL YANG BERKUALITAS dan hindari pemasangan widget yang tidak perlu atau bisa juga dikatakan tidak terlau penting karena hal tersebut justru akan memperberat atau memperlambat blog juragan yang berakibat berkurangnya pengunjung pada blog juragan. Juragan bisa membaca Cara Meringankan dan Mempercepat Loading Situs Blog.

Saya rasa cukup sekian artikel kali ini tentang Cara Membuat Template Blog Menjadi SEO Friendly, semoga bisa bermanfaat serta bisa menjadi referensi tersendiri tentunya bagi kita semua. Terima Kasih atas kunjungan Anda :-).
--> --> -->